20160602

Tips Buat Mahasiswa Merencanakan Karir Pertama!

Hi Guys, lewat tulisan kali ini saya akan mengulas tentang tips untuk kamu-kamu yang fresh graduate untuk menghadapi dunia kerja alias memasuki perjalanan karir pertama kamu, btw saya tidak akan membahas tentang start up ya di tulisan ini, tulisan ini akan lebih cenderung ke dunia profesional pekerjaan di perusahaan yang sudah well established. Karena kebutuhan di dunia kerja start up company dan well established company tentunya berbeda :)

Oiya sebelumnya buat yang kenal saya karena start up , saya juga bekerja di salah satu bank swasta. Sedikit bercerita, saya masuk melalui jalur MT. Nah sesuai passion saya dalam people development, saat ini saya ditempatkan di Direktorat SDM tepatnya di Learning & Development sejak Maret 2015. Belum cukup lama memang, tapi karena lingkungan kerja dan supervisor yang sangat mendorong saya belajar banyak hal misalkan menjadi kepala sekolah untuk program TCB, HRLP, dan SME DP - program yang ditujukan untuk fresh graduate yang telah lulus tahap seleksi akan masuk ke training program selama 6 bulan - 2 tahun sesuai dengan program design nya; November 2015 lalu saya juga mendapat kesempatan mendesign program Goes to Campus yang ditujukan bagi mahasiswa/i untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi dunia kerja selepas lulus nanti; dan beberapa program lainnya yang kalau saya sebutkan kurang relevan dengan tulisan ini hehe jadi kalau mau tau detailnya bisa akses LinkedIn saya : Alia Noor Anoviar

Well guys, pengalaman dalam melakukan development program terhadap fresh graduate plus mengikuti proses rekrutmen untuk fresh graduate tersebut plus interaksi yang sangat intensif dengan teman-teman kampus yang mengilhami saya membuat tulisan ini. Bismillah, semoga bermanfaat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kamu yang masih mahasiswa, terkait beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan untuk menunjang karir kamu kelak saat menyandang gelar sarjana aka fresh graduate : 

1. Know Your Dream!

Saya terlalu sering melihat dan mendengar secara langsung teman-teman yang sudah di universitas, bahkan sudah mau lulus, tidak tau mau jadi apa - maaf kalau saya bilang ini tidak punya mimpi. 

"Kamu mau jadi apa"
"Jadi apa ya..."
"Lha kamu kuliah cita-citanya apa?"
"Belom tau sih mau jadi apa, menurut kamu gimana?"

Guys, ini tuh hidup kalian bukan hidup orang lain, jadi tentukan mimpi kalian termasuk ke soal karir. Minta pendapat orang lain boleh, tapi pada akhirnya kalian yang harus memilih karena kalian yang akan menjalani, iya to?

Bayangkan kalau kalian tau mimpi kalian apa, tau mau jadi apa, paham terhadap kebutuhan diri kalian sendiri, pasti kalian akan lebih punya effort atau setidaknya bisa merencanakan bagaimana agar mimpi tersebut dapat terealisasi. Apalagi buat kalian yang sudah masuk ke tingkat universitas, banyak peluang dan cara untuk mengembangkan diri terutama untuk mencapai mimpi kalian. 

So guys, for you who still don't know what's your dream, please start to think about it!

2. Brave to Learn New Things!

Selagi masih kuliah nih yang mana banyak banget fasilitas non berbayar buat belajar anak kuliahan, manfaatkan! Banyak seminar dan talkshow bahkan workshop gratis (jadi ketahuan saya suka begitu pas kuliah hihi...). Nah kalau udah kerja nih, bahkan public speaking training atau how to lead across generation aja cukup menguras kantong, padahal cuma 1-2 hari aja (kok jadi curhat yak haha...), nah kalau masih kuliah banyak banget training/workshop/seminar yang bisa kita akses cuma-cuma, paling modalnya biaya transport aja. 

Beberapa kompetensi yang umum diinginkan oleh employer adalah kemampuan komunikasi, leadership skill, kemampuan beradaptasi dan berelasi. Nah yang paling penting adalah interpersonal skill.

Sekarang selamat mempersiapkan sedari dini banget ya kompetensi-kompetensi itu, kalau punya itu semua bisa jadi kamu yang bakal dilamar kerja bukan ngelamar kerja :p

3. Active in Organization and Have Internship Experience!

Pas lihat CV anak yang baru lulus, wihhh canggih cum laude. Tapi udah itu aja :3 Trus waktu di interview kelihatan banget kurang pede nya, misal nggak berani eye contact dengan interviewer atau tangannya belum interview aja udah dinginnnn banget. Waktu ditanya tentang pengalaman, tidak bisa menjawab. Hmmm ini bakal jadi minus point banget. Saya sering ngobrol sama temen-temen interviewer senior dan mayoritas mereka tertarik dengan fresh graduate yang punya pengalaman organisasi dan internship, karena pasti sudah punya gambaran tentang dunia kerja dan setidaknya tau bagaimana mencapai target dalam pekerjaan.

4. Important Things when You Apply for a Job!

Pertama, udah tau Dream Job kamu apa? Saran saya untuk pekerjaan pertama jangan terlalu picky aka banyak maunya. Dan ga harus langsung ke Dream Job kamu, bisa aja kamu ambil pekerjaan yang kamu yakin ini bisa mendekatkan kamu dengan si Dream Job tadi. Misal pengen jadi pengusaha 1 M per bulan, nah kamu bisa awali dengan jadi marketing di perusahaan jadi paham gimana cara menghasilkan 1 M per bulan itu. Kamu bisa pilih juga based on industri yang kamu suka misal manufaktur, perbankan, oil and gas, dsb.

Kedua, pelajari dulu tentang perusahaan yang kamu pengen apply. Cara gampang ya masuk aja ke website perusahaan atau googling sekarang mah gampang tentang info perusahaan itu. Kalau saya lihat ke poin value perusahaan tsb, kalau cocok ya saya lebih sreg aja rasanya. Bagus lagi kalau kamu punya kenalan di perusahaan itu, jadi bisa paham orang-orang seperti apa yang dibutuhkan perusahaan. Well, kamu nggak pengen cuma masuk tanpa berkembang dong? Jadi person should be fit with company's value :)

Ketiga, yes 2 langkah pertama udah ok nih, kamu udah tau mana aja perusahaan yang jadi incaran kamu kan? Nah sekarang kamu juga harus udah paham gimana sih mekanisme rekrutmen pada perusahaan tsb, caranya mungkin tidak sama. Oia saya suggest untuk menulis CV dan semua terkait email ke perusahaan tsb menggunakan bahasa inggris ya. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis email untuk apply kerja : 

1. Persiapkan CV yang ringkas dan berisi - contoh bisa dilihat disini ya : rekomendasi CV . Nanti CV nya dikirim dalam format pdf dan diberikan title yang formal misal CV Alia Noor Anoviar 

2. Alamat email formal dan hindari alamat email alay (contoh : Alia4714@), contoh alamat email formal : alianooranoviar@gmail.com 

3. Perhatikan Subject dan Body Email. Jangan dikosongin yaaa, kirim CV gitu aja udah nggak jaman dan bikin rekruter nya bisa jadi anggap kamu tidak serius. Biasanya perusahaan sudah ada preferensi subject email, tapi kalau tidak ada bisa ditulis contohnya : Apply TCB - Alia Noor Anoviar. Sementara untuk contoh body email klik link ini Btw jangan lupa say thank you yaaa :)

4. Jangan pernah kirim email ke beberapa perusahaan dalam satu email, ada lho yang begini hehe...

Keempat, tahapan rekrutmen yang berbeda di setiap perusahaan tapi biasanya selalu ada tahap interview dan FGD plus tes kesehatan. Buat tahap-tahapan ini yaaa just be yourself. Pada tahap interview dan FGD perhatikan penampilan ya bajunya yang rapi dan formal trus hindari flat shoes; gesture penting hehe kamu harus rileks yaaa; ketika FGD terutama tunjukan keaktifan kamu tapi juga beri ruang kepada rekan-rekan lain aka jangan terlalu mendominasi. Oia sebelum kamu tes, cek dulu lokasinya yaaa harus on time! Saya sarankan hadir 30 menit sebelum kegiatan agar bisa lebih tenang dan mempelajari medan.

Nanti saya akan buat lebih detail tentang bagaimana membuat CV plus menghadapi Interview dan FGD, nantikan :)

Sekian tips buat kamu teman-teman mahasiswa untuk merencanakan karir pertama pasca lulus kuliah. Good luck yaaa, kalau ada yang mau ditanyakan bisa berkorespondensi dengan saya melalui email alianooranoviar@gmail.com dengan subject TANYA KARIR yesss :) Thank you dan semoga bermanfaat!


Cheers,
Alia











No comments: