20130722

Setahun Dreamdelion, Inilah Kisah Sederhana Bisnis Sosial Penebar Mimpi dan Pelaksana Aksi!


Terinspirasi dari pernyataan Pak RW 04 dalam tausyiah pada Buka Puasa Bersama Dreamdelion kemarin, “… seperti anak-anak muda dari Delion yang sudah setahun disini, biasanya kalau orang ke Manggarai paling lama tahan 3 bulan lalu pergi, tapi mereka sudah setahun dan semoga selamanya…”

Dan lalu rasanya saya langsung flashback ke setahun lalu, 12 Agustus 2012 dimana diadakan Buka Puasa Bersama Dreamdelion dengan mengundang 50 warga ke PAUD. Ditempat yang bisa dibilang sempit sehingga warga yang terdiri dari anak-anak sanggar dan ibu-ibu yang kami berdayakan harus bersempit-sempitan. Semuanya dilakukan secara sederhana, bahkan panitia sampai tidak bisa berbuka karena habis makanannya tahun lalu.

Alhamdulillah, Allah memberikan usia yang dapat dimanfaatkan untuk mengulang-ulang kebaikan insyaAllah. 21 Juli 2013, Dreamdelion diberikan kesempatan untuk mengadakan kembali Buka Puasa Bersama. Namun kali ini Alhamdulillah kami dapat menjangkau lebih banyak warga, sekitar 500 boks makanan dapat dibagikan. Kolaborasi kami untuk acara Buka Puasa Bersama ini dengan Pengajian Madinah Bekasi, Berbagi Nasi Jakarta, Indolicious Café, Greeners Magazine, dan Sedekah Jamaah. Alhamdulillah juga bekerjasama dengan PT Asuransi Ekspor Indonesia, tahun ini ada mukenah/sarung untuk adik-adik sanggar dan bingkisan lainnya. Acara Buka Puasa Bersama tersebut dilaksanakan di Masjid setempat ada janda, jompo, bapak dan ibu, anak-anak muda, serta anak-anak kecil Manggarai. Hadir pula mas Dondy Hananto, mas Renee Suhandono dan mbak Yamuna, mbak Nucha dan mas Ario beserta rekan-rekan Berbagi Nasi Jakarta, pak Zul dari DRPM UI, Volunteer Doctor, Sosmas BEM UI, Rukema Pack, PKPU, dan masih banyak lagi. Selain Buka Puasa Bersama, momen kemarin juga dijadikan sebagai sarana memperingati satu tahun Dreamdelion (18 Juli 2013) dengan pemotongan tumpeng juga perkenalan buku cerita pop up 3D Dreamdelion.

Bercerita sekilas tentang perjalanan Dreamdelion selama satu tahun ini, saya pribadi tidak bisa berhenti mengucap syukur dan terima kasih karena Allah mengijinkan Dreamdelion untuk mempertemukan berbagai orang dari berbagai dimensi yang ingin berbagi, berbagi dengan caranya masing-masing “let’s empower people with your style!”. Masih lekat di ingatan bagaimana dulu pertama kali ketika saya mengalami penolakan dari warga setempat ketika menawarkan program jahit-menjahit untuk ibu-ibu, bagaimana Allah menjodohkan pertemuan saya dengan 8 teman yang merintis Dreamdelion bersama-sama dari awal meskipun sekarang perintis tersebut bertahan 7 orang, bagaimana saya sempat mengalami penolakan-penolakan dari teman-teman yang saya minta bantuannya untuk Dreamdelion, juga masih banyak kisah yang tidak dapat diceritakan suka-duka-asam garam –tawa canda sebuah perjalanan bisnis sosial kreatif yang baru merangkak saat ini.

Tiga bulan fase awal Dreamdelion adalah tantangan yang sempat membuat semangat orang-orang didalamnya menjadi pupus sedikit demi sedikit, namun pertolongan Allah ketika itu sangat nyata untuk membangunkan kami dari tidurnya semangat dan komitmen. Saat itu Alhamdulillah Kemenakertrans melalui Rumah Perubahan Rhenald Kasali mencari kelompok-kelompok wirausaha dan setelah mengikuti semacam presentasi, Dreamdelion pun terpilih. Bolak balik setiap hari ke Manggarai selama 10 hari berturut-turut, saat itu kalau ditotal kami dibayar sekitar 15 juta dan uang itu yang akhirnya membuat kami bisa lagi membeli alat dan bahan produksi. Semenjak itu Alhamdulillah kepercayaan klien terhadap kami meningkat, sekitar 40 institusi baik swasta, pemerintah, lembaga pendidikan sekelas universitas baik di dalam maupun luar negeri, media, dan komunitas lain telah berkolaborasi dengan Dreamdelion. Sebut saja Indonesia Power, Hotel Hilton Bandung, St. Mary’s College of California, Dompet Dhuafa, ACT Humanity, DRPM Universitas Indonesia, UKM Center FEUI, dan lain-lain. Pada semester genap 2012/2013 ini Alhamdulillah Dreamdelion menghantarkan 5 mahasiswi dari 3 universitas untuk meraih gelar sarjana-nya melalui penelitian skripsi dan tugas akhir.

Melalui Dreamdelion, jaringan pun semakin terbuka lebar. Alhamdulillah kalau dihitung kasat mata lebih dari 200 orang pernah menjadi volunteers Dreamdelion, dari berbagai universitas dan banyak juga yang sudah bekerja. InsyaAllah banyak teman menjadi banyak rezeki. Program-program yang ada selama ini bukan hanya ditujukan terhadap eksternal, namun juga untuk internal team Dreamdelion melalui berbagai pelatihan tentu dengan ahlinya.

Pada setahun berjalan untuk kegiatan Manggarai Cerdas sudah bisa rutin setiap hari minggu jam 10-12 mengadakan Sanggar Belajar yang sekarang sudah punya 2 kelas, ada juga Parenting Program untuk para Ibunya karena kami yakin bahwa Ibu sangat berperan besar pada pembentukan karakter baik anak, juga sudah tersedia Taman Baca Dreamdelion. Sementara untuk Manggarai Sehat sudah melaksanakan program Gerakan Manggarai Sehat dimana ada pengobatan gratis dan senam jantung sehat untuk 300 warga, Greentrashvity untuk edukasi pengolahan sampah bagi anak-anak yang dilakukan dalam 4 minggu di setiap minggunya, Pendidikan Anak untuk mengajarkan pola hidup sehat cuci tangan dan gosok gigi juga memilih makanan sehat dan tidak sehat, juga Penyuluhan HIV/AIDS. Sementara untuk Manggarai Kreatif sudah melaksanakan program Drop Your Jeans dan Craft Class. Apa program-program Dreamdelion selanjutnya? Tunggu saja dan insyaAllah kami berharap bisa menjangkau cakupan warga penerima manfaat yang lebih luas, Bismillah… Kalau teman-teman ada saran untuk Dreamdelion boleh banget lho diajukan melalui team kami atau ke info@dreamdelion.com.

Tidak banyak lagi yang bisa saya ceritakan tentang Dreamdelion, karena berapa lembar pun halaman tidak akan mampu menceritakan kisah lengkap dari perjalanan kami satu tahun ini. Lebih baik datang untuk merasakan bagaimana atmosfer ruang bernafas ala Dreamdelion jika teman-teman merasa tertarik dengan kegiatan-kegiatan Dreamdelion. Dreamdelion tidak akan mampu jika hanya sendiri, karena itu kami membutuhkan partisipasi dan kontribusi teman-teman dalam berbagai kegiatan Dreamdelion. Semangat BerkolaborAKSI!!!

Spesial untuk Farah Mafaza, Fahma Nurika Aisyah, Maharhanie Septi Nugroho, Faiqa Himma Emalia, Mella Setyowati, dan Annatasya Maryana semoga kita bersama bisa memulai tanpa pernah berniat untuk mengakhirinya, komitmen dan konsisten menebar manfaat positif seperti filosofi Dreamdelion bukan sekedar berkata jargon, dan selalu bersemangat dengan semua kisah didalamnya.

Warm Regards,

Alia Noor Anoviar


No comments: