20140117

Nostalgia & Harapan #SejenakDiam #8

Hal yang paling menyenangkan dalam hidup menurut gue adalah dinamisasinya, ngerasa nggak sih kalau kita itu hidup di berbagai masa yang berbeda dengan sangat cepat? Dan kadang ketika kita sampai di sebuah masa yang baru sering timbul celetukan, "Perasaan gue dulu masih disana deh, sekarang udah disini..." Ya ternyata hidup itu berjalan secepat waktu berlari.

Waktu TK inget banget selalu dijemput dan anter sama Pak Sukur, tukang becak, masih digendong melewati sawah-sawah. Lalu menuju masa selanjutnya di SD karena nggak bisa pakai bahasa madura akhirnya gue sering banget di bully sama temen-temen sampai dipalakin, dan nurut begitu aja. Masa SMP banyak membawa perubahan terutama dari sisi sikap, yang dulunya manja banget jadi belajar buat nggak manja, mulai punya peer group yang dekat banget padahal sebelumnya tipe anak sekolah-pulang-belajar-sekolah lagi hahahaaaa alias cupu. Waktu di SMA mulai aktif di organisasi dan kompetisi, seru bangetlah! Bisa ngerayain sweet 17-th di 3 pulau di Makassar juga saat itu, pengalaman pertama naik pesawat dan keluar negeri. Memasuki masa kuliah, harus struggle banget kalau mau bertahan karena selain mata kuliah dengan tugas-tugas dan ujian yang kurang manusiawi hahahaaa, kondisi lingkungan yang 180 derajat berbeda di Ibukota dengan tempat-tempat sebelumnya gue berada, juga harus menghadapi berbagai tipe orang yang beragam dan kadang sulit dipahami. Alhamdulillah-nya adalah setiap kali menyelesaikan satu tahapan nggak terlalu binggung dengan 'what's the next?' karena gue selalu binggung duluan dibandingkan temen-temen gue kalau mau masuk ke tahap kehidupan selanjutnya, misalnya gue itu udah tau bakal masuk jurusan IPS di SMA karena dari SMP gue udah menentukan hal itu terus gue udah memutuskan masuk FEUI dari kelas 2 SMA. Kadang gue capek juga sih karena akhirnya sering mikir juga, "pikiran lo ribet banget sih, Vi?" Akhirnya gue selalu mencoba berpikir positif, life is about preparation!

Sekarang gue udah mulai kerja, FYI banyak banget hal dalam setiap tahap kehidupan gue yang nggak sesuai dengan apa yang gue pengenin, banyak banget tantangannya, dan selalu ada masa dimana gue menyerah terus nangis-nangis pas menghadapi tantangan di setiap tahap atau fasenya. Setiap kali bisa melewati tantangan hidup jadi suka ketawa-ketawa ternyata lucu juga, misalnya dulu waktu kuliah sering nangis setiap kali memasuki masa UTS/UAS dan sampai pernah jatuh di tangga asrama karena malamnya nggak tidur belajar statistika.

Hidup itu benar-benar cepat, umur gue terus berkurang dan entah sampai kapan. Dan yang bikin gue selalu takut adalah menghadapi kematian, gue sekarang sering kebayang meninggal terus takut semua amalan nggak cukup buat kehidupan gue di akhirat. Tujuan hidup gue jelas bisa ketemu sama orang-orang yang gue sayang di surga, tapi how to go there-nya itu yang binggung karena banyak banget ngelakuin kesalahan di dunia ini. Semoga saja apapun yang terjadi di masa selanjutnya, semua itu bisa menghantarkan gue ke tujuan hidup gue tadi, Amin Ya Allah. Bantu doa yaaa teman-teman, doa yang sama untuk kalian :)





No comments: