20140430

Ternyata Saya Orang 'ENTJ'

Iseng-iseng mengikuti tes online kepribadian beberapa hari lalu, ketika ada seseorang yang memberi tau tipe kepribadiannya berdasarkan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Nah buat yang mau tau apa itu MBTI bisa lihat pada link ini : What is MBTI?


Personality represent those characteristic of the person that account for consistent pattern of feeling, thinking, and behaving - Pervin (2000)

Nah indikator-indikator dalam MBTI sendiri tergambarkan pada tabel gambar di atas. Saya ternyata bertipe kepribadian ENTJ (Extrovert, Intuition, Thinking, Judging).


82 % dominasi Extrovert dalam ENTJ pada diri saya sepertinya memang sangat benar. Saya menulis ini secara subjektif ya hehe jadi mungkin tidak semua extrovert berperilaku atau bersikap seperti ini, juga tidak semua orang dengan tipe ENTJ seperti apa yang saya tuliskan.

Ada beberapa hal yang saya suka dan tidak suka, mungkin ini dipengaruhi oleh tipe kepribadian saya haha banyak kata 'mungkin' :3

Pertama, saya sangat suka berada dalam lingkungan yang berkelompok, mengandalkan kerjasama, cerita. Ketika kondisi-kondisi tersebut tidak bisa saya dapatkan maka biasanya saya yang akan mencoba menghidupkan suasana, meskipun kadang garing krik krik krik... Karena itu mungkin saya merasa hidup ketika ada dalam sebuah komunitas, bertemu dengan beragam orang. Pernah dalam satu hari saya ganti baju berulang kali karena harus menemui orang-orang berbeda, mulai dari yang ada di bantaran kali sampai dengan hotel bintang lima. Buat saya hal-hal seperti itu sangat menyenangkan dan menggambarkan diri saya yang sebenarnya, hahaaa mungkin ini juga dipengaruhi karena saya suka travelling dan nggak betah kalau cuma di rumah.

Kedua, saya cukup mudah berinteraksi dengan orang-orang baru, beradaptasi dengan sangat cepat kepada orang-orang yang bahkan tidak saya kenal sebelumnya, dan seringkali sok kenal hahaha... Tapi saya bisa jadi orang paling diam dan salah tingkah pada situasi tertentu. Pada situasi tertentu saya akan mengejar jawaban yang saya tidak tau dan saya akan terus bertanya "Mengapa?" sampai mendapatkan jawabannya. Rasa kepo saya cukup berlebihan, dari kecil saya suka jadi detektif hingga akhirnya menyalurkan potensi itu (cieeee potensi kepo maksudnya) melalui kegiatan jurnalistik. 

Ketiga, saya seringkali merasa tidak enak dan seringkali merasa bersalah meski kadang-kadang saya tidak tau apa salah saya. Meskipun katanya saya itu berkepribadian 'Thinking', namun pada prakteknya saya lebih mengandalkan 'Feeling'. Saya lebih suka mengandalkan kata hati atau firasat dibandingkan menuruti kemana logika berjalan. Cara berpikir saya cukup kompleks, sangat memperhatikan detail, namun lagi lagi sangat memperhatikan dampak dari apa yang saya lakukan pada perasaan orang lain -saya sendiri tipikal orang yang sangat sensitif sehingga saya mengasumsikan semua orang juga sesensitif saya- hahahaaaa

Keempat, saya selalu berpikir tentang masa depan nah kata orang lain sih saya visioner. Saya berpikir bahwa setiap pertanyaan itu harus ada jawabannya, pun begitu dengan masa depan tentu bukan perihal yang sederhana sehingga harus benar-benar dipikirkan. Saya suka berpikir tentang hal-hal yang luas lalu membuat strategi untuk bisa mencapai hal-hal yang luas itu dengan detail yang sangat matang dan rapi. Dan saya suka ditantang, suka melakukan hal-hal yang orang berpikir saya tidak bisa melakukannya. Kompetisi sejak SMA, masuk ke FEUI, dapat beasiswa CIMB Niaga, Dreamdelion, dan masih banyak hal lainnya bermula dari kalimat "Memangnya kamu bisa?" Ya saya sangat suka kalimat tantangan itu, rasanya bisa nambah energi saya berkali-kali lipat.

Kelima, saya ambisius tapi realistis. Sifat yang satu ini seringkali membuat orang-orang di sekeliling saya merasa tidak nyaman dan terintimidasi. Meskipun kalau boleh membela diri, saya selalu punya alasan ketika berambisi dan selalu mencari tau bagaimana strategi untuk mencapai ambisi --- mungkin lebih baik disebut dengan mimpi. 

Hahahaaa setelah menulis sepanjang ini saya baru sadar, ngapain banget saya nulis ini ya? -_- LOL 



Dalam sebuah ruang imajinasi,

Alia Noor Anoviar

1 comment:

Anonymous said...

knapa juga ya ak harus baca orang EÑTJ, mending cari orang yg pendiam yg bisa dimanfaatkan untuk mengjasilkan uang dan kebahagiaan .... ^_^ @haydar114